-->

Hari Pertama Polling : Hasil Survei Jelang Pilkada Bulukumba, Dr. Musdalifah Teratas

Konstalasi politik jelang pilkada Bulukumba mulai memanas, berbagai hasil survei yang telah dipublikasikan menempatkan Mantan Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali sebagai jagoan. Sementara itu, polling jajak pendapat pada hari pertama yang dilakukan oleh kami melalui situs http://kkmb-unhas.blogspot.com/ menempatkan Dr. Musdalifah sebagai jagoan pada hari pertama ini. Akademisi Universitas Islam Makassar ini digadang-gadang sebagai satu-satunya tokoh perempuan yang akan berartarung di pilkada Bulukumba 2015. Berikut hasil polling hari pertama (Kamis/18/06/2015). jajak pendapat, siapa Bupati Bulukumba selanjuntya yang kami rilis melalui media online :
sumber : screenshoot hasil polling di blog kkmb-unhas.blogspot.com
Sebelumnya lembaga Riset Analisis publik (RAP) merilis hasil survei, seperti dilansir dalam situs beritabulukumba.com, Hasil survei RAP menempatkan elektabilitas Andi Sukri sappewali 26,4 persen, Kahar muslim 17,2 persen, Andi Maskur 5,4 persen, Irwanto Hasan 4,8 persen, H Askar 4,1 persen, Andi Wandi Bangsawan Patabai 3,0 persen. Calon lainnya Isradi Zaenal 2,3 persen, Edi manaf 2,1 persen, Arum Spink 2,0 persen, Prof ahmad Gani 1,8 persen, Andi untung pangky 1,6 persen, Andi Muttamar Mattorang 1,5 persen, Andi bau amal 1,4 persen, Andi cawa miri 1,4 persen, Nawawi burhan 1,3 persen, Andi sirman gani 1,1 persen, Andi kurni 1,0 persen, Andi Mahfud 1,0 persen, Dr. Musdalifah 0,84 persen. Tidak menjawab dan merahasiakan jawabannya 20,12 persen.

Memang belum ada kepastian siapa-siapa saja, calon bupati bulukumba yang akan bertarung di pilkada bulukumba tahun ini. Pendapat public tentu menjadi sangat penting untuk dijadikan masukan dan pertimbagan oleh para agen politik untuk menentukan siapa yang akan mereka tampilkan diatas panggung demokrasi. Publik wajar-wajar saja mendukung si A, B atau si C tetapi siapa actor/aktris yang akan tampil di atas panggung kembali lagi kepada sang sutradara, yakni partai politik.

Hasil polling ini bukan sebagai penentu atau acuan politik, tetapi sebagai bahan referensi pendidikan dan komunikasi politik untuk memunculkan minat partisipasi semua kalangan untuk ikut terklibat dalam pesta demokrasi di kabupaten Bulukumba. 


EmoticonEmoticon