-->

Tips Mudah Lulus SBMPTN 2016

Halo, apa kabar para pembaca, senang rasanya kembali dapat menulis dan berbagi tips mudah lulus SBMPTN 2016 kepada adik-adik yang hendak melanjutkan studinya di PTN Favoritnya. Nah, gak usah lama nih langsunga aja yah..
Ok sobat pembaca, perlu diketahui ada tiga hal pokok yang mesti harus dipahami dalam mengikuti SBMPTN 2016 yakni :

1.      TIPS MEMILIH PROGRAM STUDI
Memilih program studi yang tepat sangat penting, saya punya pengalaman pahit disini yang hendak dibagi kepada para adik-adik, ceritanya kayak gini nih, “Tahun 2009, untuk pertama kalinya aku menginjakkan kaki di makassar. Tujuan utama aku, pengen melanjutkan pendidikan. Akupun mulai mendaftar di berbagai kampus yang lagi buka pendaftaran. Aku kemudian mendaftar di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar yang saat itu jalurnya bernama Ujian Masuk Bersama (UMB). Aku pilih dua program studi Pendidikan Fisika dan Ilmu Hukum. Sambil menunggu pengumuman, aku kemudian mendaftar lagi SBMPTN (saat itu masih bernama SNMPTN) di Panlok UNM, aku pilih tiga program studi, pilihan Pertama : Ilmu Hukum Unhas, Pilihan kedua : Pendidikan Kimia UNM dan Pilihan ketiga : Pendidikan Geografi. Kemudian hasil tes diumumkan, aku lulus di UIN, pendidikan Fisika dan kemudian aku juga lulus di Unhas, ilmu hukum. Aku sempat bingung, pilih yang mana? Akhirnya aku jalani dua-duanya dan alhamdulillah kedua-duanya tidak ada yang tepat untuk saya. Tahun pertama, aku tinggalkan UIN dan fokus di Unhas. Sempat menjalani sampai dengan semester 7, disaat semua MK sudah lulus, akupun meninggalkan kampus dan sampai sekarang tidak pernah kembali. Aku memilih tidak sarjana. Apa masalahnya? Sangat sederhana, semua program studi yang aku pilih tidak tepat untuk saya”.  Saya berharap adik-adik tidak salah memilih program studi, persoalan lulus itu masalah teknis tetapi memilih program studi yang tepat untuk kita itulah intinya. Agar tidak salah memilih program studi ini tips-tips yang bisa membantu adik-adik :
a.       Kenali minat dan bakat anda
Minat dan bakat adalah persolan pribadi. Apa yang menjadi minat dan bakat, kitalah yang jauh lebih tahu dan memahami. Kenali itu, dan kemudian carilah kesesuain dengan program studi yang ada disetiap kampus.
b.      Cocokkan dengan Cita-Cita anda
Setiap orang pasti punya cita-cita, punya impian atau segala hal yang menjadi obsesi dalam hidupnya. Cita-cita seyogianya tidak jauh dari minat dan bakat kita. Seseorang yang punya bakat seni, tidak bisa dilepaskan dari dunia music, pelukis, dan lain-lain dan dunia music, melukis tidak bisa lepas dari pendidikan Seni. Pendidikan seni music untuk seorang musisi dan pendidikan seni rupa untuk seorang pelukis.
c.       Fokus pada Pilihan
Sebuah pilihan adalah tanggungjawab. Saat anda memutusakan memilih A maka anda harus focus pada si A. Buang pikiran anda pada si B, C dan lain-lain. Tetapkan focus anda pada si A dan terus berjuang sampai anda mendapatkan si A.
2.      TIPS MENGIKUTI TES
Ketika anda hendak mengikuti tes, itu berarti anda telah memutusakan pilihan anda. Persoalan tes bukanlah hal rumit. Sekali lagi memilih program studi adalah intinya, dan lulus itu adalah persoalan teknis. Mengikuti tes adalah masalah teknis, oleh karena itu, dalam mengikuti tes hal yang utama yang harus dilakukan adalah pekerjaan teknis. 
a.       Pastikan jauh sebelum mengikuti tes, anda rajin berlatih.
Berlatih adalah kunci sukses dalam mengikuti tes. Tidak ada kesuksesan tanpa berlatih yang rajin dan teratur. Seorang atlet sepakbola sebelum bertanding, selalu berlatih. Seorang penyanyi sebelum performance selalu berlatih. Hal-hal yang perlu anda pelajari adalah berlatih mengerjakan soal-soal tes sebelumnya, mencari trik memecahkan soal secara cepat dan tepat, sering menguji kemampuan dengan tes-tes atau tryout, membaca secara cepat dan memahami, belajar menggunakan logika secara benar, buat ringkasan materi pelajaran anda dan cari kodenya untuk memudahkan diingat.
b.      Sering Konsultasi
Sebelum anda mengikuti tes, biasakan diri anda berkonsultasi pada teman-teman anda atau kepada orang-orang yang sudah mengikuti tes serupa. Atau buat sebuah kelompok belajar kemudian belajar bersama yang dipandu oleh seorang mentor dan sesekali melakukan ujicoba untuk mengukur tingkat kemampuan kita.
c.       Persiapkan diri anda
Dalam mengikuti tes, anda harus siap 100%. Jangan lengah ataupun menganggap sepele. Fokus dan siapkan diri anda. Jangan terlalu tegang tetapi santai dan focus. Oleh karena itu, perlu disiapkan adalah kesehatan, perlengkapan, dan yang terpenting semangat anda.
d.      Selamat mengikuti Tes
Jangan lupa sebelum memulai dan setelah berdoa kepada Tuhan yang Maha Mengetahui.
3.      TIPS MENJAWAB SOAL
Menjawab soal dalam SBMPTN adalah perkara gampang-susah. Gampang bagi meraka yang mengetahui dan susah bagi mereka yang kurang mengetahui. Heheh. Sebelum menjawab soal pastikan diri anda memahami aturan dasar dalam menjawab soal di SBMPTN. Menjawab soal dalam SBMPTN selain ujian kemampuan pengetahuan, juga ada kemampuan keterampilan yakni ketelitian dalam menjawab soal dan pengetahuan moral yakni kejujuran. Ingat, menjawab soal ada aturannya loh. Kalo kita menjawab soal dan BENAR dapat +4, tetapi kalo kita menjawab soal dan SALAH dapat -1 atau kita pilih TIDAK MENJAWAB dapat 0. Nah, jangan bingung, kita punya solusi yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda :
a.       Baca dan pahami aturan mainnya
Sebelum anda membaca soal-soal, pastikan anda sudah membaca instruksi umumnya dan kalau ada yang tidak dimengerti ditanyakan kepada pengawas diruangan.
b.      Dahulukan menjawab soal-soal yang anda ketahui
Dalam menjawab soal, pastikan anda mendahulukan soal-soal yang anda pahami dan tahu jawabannya untuk mengejar durasi waktu. Setelah anda menjawab semua soal yang anda ketahui barulah kembali mengerjakan soal-soal yang agak rumit menurut anda dan seterusnya.
c.       Gunakan Logika Anda
Buatlah soal-soal itu kedalam kasus yang sering anda alami dan lihat dalam keseharian anda. Buat bahasanya menjadi sederhana. (Catatan : tidak semua soal-soal bisa dipecahkan dengan Bahasa logika)
d.      Buat Situasi dan Kondisi yang nyaman dan santai
Dalam mengerjakan soal-soal, buatlah diri anda nyaman dan selalu berfikir dan berimajinasi terhadap hal-hal yang anda sedang hadapi. Jangan terbebani atau merasa bingung tetapi cobalah membuat diri kita enak dengan apa yang kita hadapi yakin bahwa kita punya solusi dan jawabannya.
e.       Karena model soalnya Pilihan Ganda, gunakan rumus peluang

Ok sobat, selain modal dasar pengetahuan dan logika..rumus ini sangat membantu aku lulus berbagai tes pada saat itu, baik di UN maupun di UMB dan SBMPTN. Cara kerjanya sederhana, dalam satu soal selalu punya 5 pilihan (A,B,C,D, dan E). Rumus peluang dalam hal ini mengatakan setiap pilihan memiliki peluang BENAR 20% dan pilihan SALAH 80%. Bagaimana kita bisa membuat peluang BENAR jadi 80-99%? Untuk jawaban ini silahkan Download DISINI

Demikian Artikel tentang tips mudah lulus sbmptn 2016, semoga bermanfaat dan adik-adik dapat lulus di PTN favoritnya. 


EmoticonEmoticon